iklan atas

 
Image Source: http://nawavice-roy.blogspot.co.id/2015/09/download-mp3-gending-nganten-adat-jawa_28.html

DarkSUSE ~ Assalamualaikum sobat DS.
Semoga kalian semua sehat selalu ya sob. Kali ini saya ingin membahas tentang estimasi biaya lamaran yang harus dikeluarkan oleh pihak pria. Hehehehe... Saya sangat bersemangat nih menulis artikel ini, selain ini adalah hitung-hitungan saya sendiri tentang hitungan biaya lamaran saya yang harus datang ke daerah Jawa Tengah, disisi lainya artikel ini menjadi motivasi saya dalam menabung untuk biaya kedepanya (Menikah) kelak.

Sebelumnya anda harus tahu, bahwa menikah bukanlah sebuah acara ritual adat semata. Karena menikah adalah menyatukan 2 Keluarga besar menjadi satu. Jadi sebelum anda berniat melamar seseorang karena anda merasa terlalu cinta, ada baiknya anda memikirkan dengan kepala dingin sebelum melakukanya.

Pertanyaan-nya:
1. Apakah anda sudah siap dengan sifat yang muncul dari pasangan anda, dimana anda tidak pernah mengetahui sifat tersebut?
2. Apakah anda sudah siap meninggalkan kehidupan anda dan hobby anda (apabila tidak lagi bisa dilakukan setelah menikah)?
3. Apakah anda sudah siap bertanggung jawab atas diri anda sendiri dan anak orang yang anda ajak hidup bersama?
4. Apakah anda sudah siap menjadi seorang ayah?

Apabila ternyata anda memang sudah yakin, maka pembahasan akan kita lanjutkan ke tahap selanjutnya. Yaitu poin-point penting dalam estimasi biaya melamar.
Bismillah... Kita akan membahas beberapa point dimulai dari:

1. Biaya Hantaran.
Biaya hantaran adalah biaya yang harus anda keluarkan untuk melakukan seserahan/hantaran. Hantaran/seserahan ini biasanya berupa barang-barang yang meliputi: pakaian perempuan, kue-kue, makanan, beras (boleh iya, boleh tidak), dll.
Perkiraan: Rp. 1.500.000; sampai Rp. 2.000.000;

2. Biaya Pembelian Tanda Mata.
Tanda mata ini biasanya berupa cincin. Biasanya sering disebut "cincin tunangan", sebagai pengikat atau tanda bukti bahwa kedua belah pihak serius untuk melangkah ke jenjang yang lebih lanjut. Bisa 2 cincin, atau hanya 1 cincin untuk si calon mempelai wanita. Selain itu tak hanya cincin, ada juga yang memberikan 3 jenis (cincin, kalung, gelang). Semua tergantung budget yang disiapkan oleh anda. Tak perlu berat-berat, cukup 2gr sampai 3gr saja.
Perkiraan: Rp. 1.470.000; sampai Rp. 2.030.000;
Harga emas putih saat artikel ditulis (Rp. 560.000;/gr).

3. Sumbangan Biaya Acara Dirumah Perempuan.
Nah sumbangan ini semua tergantung persetujuan kedua belah pihak. Ada baiknya pihak laki-laki memberikan sumbangan biaya acara, karena akan ada jamuan dari pihak perempuan saat pihak laki-laki datang.
Perkiraan: Rp. 1.000.000; sampai Rp. 2.000.000;

4. Biaya Akomodasi.
Biaya akomodasi ini adalah biaya hotel (apabila perempuan diluar kota), dan juga biaya perjalanan yang harus dilakukan ke tempat perempuan. Nah, kalau dalam hal ini saya berencana hanya mengajak keluarga inti saya saja (Orang Tua, Kakak Kandung, dan Kakak Ipar).
Perkiraan Ongkos: Rp. 1.000.000; sampai Rp. 4.000.000; ** (Tiket Rp. 400.000*10orang).
Perkiraan Hotel: Rp. 1.000.000; sampai Rp. 2.000.000;

Dari ke-4 poin diatas, itu semua tergantung dari kemampuan finansial anda dan juga persetujuan ke-2 belah pihak tentunya. Namun dari total keseluruhan, 4 poin diatas hanyalah estimasi biaya dari pihak laki-laki saja. Belum dari pihak wanita-nya, karena acara diadakan di rumah sang wanita. Tentunya semua itu tergantung situasi & kondisi, dan juga budget kalian guys.

Tapi tenang saja, segala niat baik akan dipermudah jalanya oleh Allah SWT. Dan akan lebih baik apabila dari pihak keluarga perempuan tidak menuntut pihak laki-laki hingga memberatkan. Karena dalam hal ini banyak juga yang melamar dengan sederhana saja. Cukup datang dengan ke-2 Orang Tua laki-laki, dan membawa kue-kue dan makanan secukupnya saja. Total biaya lamaran sederhana tidak sampai Rp. 500.000;
** Semua tergantung ke-2 belah pihak.

Sepertinya, kita sampai pada ujung artikel nih guys. Semoga apa yang anda inginkan semua terwujud ya guys untuk melamar si-Dia dalam waktu dekat ini. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin. Sayapun meminta do'a anda sekalian, agar saya sebagai penulis dilancarkan niat baiknya ditahun 2018. Aamiin.

Terimakasih semuanya. Assalamualaikum.

7 comments:

Unknown said... 26 October 2018 at 19:21

terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Amt3qN

Unknown said... 24 November 2018 at 11:51

Memang pacar saya suku jawa, tpi kenapa orng2 bilang kata nya kalau mau seserah terima lamaran, kok kebanyakan pengeluaran uang 6 juta bahkan sampai 7 juta

Pendiam said... 6 February 2019 at 16:52

Wah semua tergantung ya Mas. Jangan lupa bahwa pada saat lamaran juga biasanya uang dapur diserahkan oleh pihak laki-laki ke pihak perempuan.

Langkah Hidup said... 10 April 2019 at 10:41

Bro kalau uang susu kapan diserahkan kepihak perempuannya

Unknown said... 25 April 2019 at 20:20

Terimakasih artikel nya membantu.

Unknown said... 14 July 2019 at 08:24

Tanks ya infonya tank juga atas biaya biaya buat lamarnya ini sangat membantu buat sya smoga urusan lamaran sya lancar dengan adanya bantuan di artikel ini maklum awam hehehe

Pendiam said... 20 July 2019 at 16:15

Ok siap. Semoga dilancarkan dan di berkahi ya... 💪🏻 semangat bro!

 
Top