iklan atas


DarkSUSE ~ Selamat malam minggu sobat DS, pada pukul 18:10 ini saya akan sharing kembali sebagai seorang newbie dalam penggunaan linux "Cara reset password ubuntu 14.04". Berdasarkan pengalaman yang saya dan teman saya lakukan karena ia lupa password untuk ubuntunya.

Nah bagaimana caranya? Yuk ikuti langkah dibawah ini:

1. Restart agar masuk ke grub, saat di pemilihan image pada grub loader tekan SHIFT atau bisa juga tekan ESC agar hitungan mundur terhenti.

2. tekan "e" pada keyboard pada salah satu image ubuntu yang agan gunakan maka akan terlihat script editor yang didalamnya terdapat code yang akan kita ubah, tenang saja gan.
Menurut pengalaman kami berdua apa yang akan kita edit setelah ini hanya sementara (temporary) dan padasaat kami restart semua settingan akan kembali seperti semula.

3. Edit saja bagian
ro quite splash $handoff

menjadi
rw init=/bin/bash


4. Lalu tekan F10 untuk melakukan boot dengan settingan tersebut. :D Maka anda akan masuk ke mode CLI alias command mode. Nanti yang muncul adalah seperti ini:
root@andri ~#


5. Lalu masukkan command berikut ini untuk mereset password dari user yang kita inginkan:
passwd username_anda

contoh:
$ passwd andri


Anda akan diminta memasukan password baru sebanyak 2x. Nah, setelah selesai memasukan password ke-2 silahkan masukan command berikut:
$ sync

$ reboot -f

Command "sync" tersebut fungsinya adalah memastikan data telah di "write out" pada disk. dan setelah tereboot, silahkan login dengan username dan password yang tadi.

Ok, mohon maaf apabila ada kesalahan. Silahkan masukan kritik anda dikomentar apabila saya salah. Terimakasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 comments:

 
Top