iklan atas

DarkSUSE ~ Assalaamualaikum Wr.Wb. selamat pagi, siang, ataupun malam sobat DarkSUSE. Pada kesempatan kali ini, saya ingin share cara Merubah Hostname Secara Permanent di Ubuntu 14.04. Karena ane juga mengalami dimana installing Ubuntu OS saat ngantuk, sehingga Hostname tidak saya ubah dan menggunakan Default yang diberikan Ubuntu.

Ok, seperti yang sudah kalian ketahui pastinya. Cara merubah hostname bisa dilakukan dengan menggunakan command diterminal seperti ini:

jaster@mithrandir:~$ sudo hostname hostname_baru

Nah, kalau sudah seperti itu ya memang betul. Tapi perubahan itu hanya sementara alias pada saat kalian restart PC/Notebook/Netbook kalian, hostname akan kembali seperti semula.

Jangan putus asa, postingan ini khusus saya buat untuk kalian yang masih noobies seperti saya dalam dunia OpenSource Operating System. Nah, berikut ini adalah cara mengubahnya secara permanent:

jaster@mithrandir:~$ sudo cp /etc/hostname /path_folder_anda/
jaster@mithrandir:~$ sudo cp /etc/hosts /path_folder_anda/

command diatas untuk mem-backup file hostname dan juga hosts. path_folder_anda adalah path/directory untuk menaruh backup-file, saya yakin anda sudah menentukan dir/path untuk backup. Ok, sekarang kita masuk ke tahap pengeditan file hostname dan hosts yang berada pada /etc/ dengan menggunakan nano atau text editor yang anda sukai melalui command seperti dibawah ini:

jaster@mithrandir:~$ sudo nano /etc/hostname

maka anda akan melihat seperti gambar dibawah ini:


nah, "mithrandir" adalah nama hostname yang ane gunakan. Silahkan anda ganti dengan hostname anda disitu. Simpan dengan menggunakan CTRL + X lalu Y untuk menyimpan. Nah hostname anda sudah berubah apabila anda lihat diterminal anda.
Tapi tunggu dulu, gak cuma file itu loh. Masih ada satu lagi file yang harus anda rubah agar perubahannya sempurna. Gunakan command berikut ini:

jaster@mithrandir: ~$ sudo nano /etc/hosts

maka anda akan melihat text berikut ini:

127.0.0.1       localhost
127.0.1.1       mithrandir

Nah persis seperti gambar dibawah ini:



Seperti tahap sebelumnya anda diharuskan mengubah-nya menjadi hostname yang tadi anda gunakan. Dan save dengan CTRL+X dan ketik Y (Yes) :D

Ok, semoga postingan ini dapat berguna untuk anda sekalian. Semoga hari anda menyenangkan dan sampai jumpa dilain post. :D

0 comments:

 
Top