iklan atas

DarkSUSE ~ Assalaamualaikum Wr.Wb. pada postingan kali ini saya sedikit curhat soal penginstallan driver ini. Mungkin sudah banyak yang tahu, namun karena saya adalah seorang newbie dalam dunia OpenSource ini jadi kesalahan dan kegagalan menjadi guru terbaik.

Nah ok langsung saja untuk membuat postingan ini tidak membosankan saya akan langsung memberi trick-nya yaitu menggunakan installan online. :D

Ok, berikut command yang saya lakukan:

~$ sudo add-apt-repository ppa:xorg-edgers/ppa
~$ sudo apt-get update
~$ sudo apt-get install fglrx
~$ sudo amdconfig --initial
~$ sudo reboot


Nah setelah reboot saya lakukan, saya sedikit ketar-ketir alias deg-degan takut blackscreen terjadi lagi. Tapi Alhamdulillah lancar jaya, tidak ada bunyi dari VGA notebook saya. Berikut ini screenshot yang saya lakukan setelah penginstallan ulang Ubuntu dan langsung menginstall fglrx melalui online.




Ok, jadi seperti ini ceritanya berawal dari penginstallan dalam mode offline alias mendownload tar.gz file installasi untuk driver ATI RADEON. Nah setelah menginstall saya tidak merasa ada perubahan pada notebook saya. VGA masih bunyi dan juga notebook cepat panas. Nah lalu saya melakukan kesalahan dengan menggunakan salah satu saran yaitu

~$ sudo amdconfig --initial -f


Sebelum itu diharuskan membackup file xorg config. Nah saya melakukannya dengan membackup lalu meremove file tersebut. Entah mengapa tiba-tiba setelah saya reboot terjadi blackscreen setelah booting masuk ke ubuntu (Setelah memilih ubuntu di GRUB Loader atau entah apalah namanya itu). Nah saya mencoba berbagai cara yang ada di youtube untuk fix blackscreen tersebut, tapi tidak bisa. Akhirnya saya melakukan install ulang Ubuntu :D Hehehe.

Sekian postingan sekaligus curhatan saya sebagai seorang noobies dalam dunia OpenSource OS ini.

Wassalaamualaikum Wr.Wb.

0 comments:

 
Top