iklan atas



DarkSUSE ~ Assalamualaikum Wr.Wb.
Bagaimana kabar sobat DS? Kali ini saya akan menampilkan bagaimana cara menghadapi blank white setelah installasi laravel 5.x. Mungkin tutorial ini adalah tutorial basi bagi kalian sob, tapi ini bisa juga menjadi referensi untuk kalian yang noobers seperti saya yang menemui masalah seperti ini.

Ok, pada saat saya menginstall laravel menggunakan command dibawah ini:

$ composer create-project laravel/laravel lara-master --prefer-dist


Maka terinstallah laravel versi 5.1.11 dimana pada saat postingan ini dibuat adalah versi teranyar. Yak, seperti judul, saya kaget saat mencoba mengakses directory tersebut dibrowser. "Blank White" terjadi seperti gambar dibawah ini:


Nah, lalu saya mencoba berbagai cara dimulai dari generate key untuk encription, dll. Setelah saya generate dan meng-anable kan "debug", malah muncullah error lain yang berkepanjangan. Hahahahaha

Lalu saya mencoba menggunakan terminal saya, dan melihat isi directory /var/www/html/ dimana lara-master ada didalamnya. Saya langsung terfikir, "Mungkin gak yah karena permission yang harus dirubah". Lalu saya mencoba merubah permission access directory beserta isinya dengan command:

$ sudo chmod -R 0777 /var/www/html/lara-master/


Setelah command tersebut saya mencoba untuk me-reload browser saya dan ternyata Alhamdulillah, berhasil saya akses dan muncul tampilan seperti dibawah ini yang menandakan bahwa laravel sudah siap kedalam tahap pengerjaan project saya. Hehehehe Berikut ini gambarnya:


Ok, sekian saja tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat DS semua. Wassalaamualaikum Wr.Wb.

0 comments:

 
Top