iklan atas




DarkSUSE ~ Assalamualaikum Wr.Wb. sobat DS dimanapun anda berada.
Lama sekali saya tidak posting pada blog saya ini. Yah, tentunya memang karena kadaan yang membuat saya harus menjauh dari kegiatan blogging. :D Tapi tenang saja, mulai sekarang saya akan kembali posting beberapa ilmu yang telah saya praktikan, dan bukan ilmu sok tau alias belum pernah dipraktikan tapi sudah dishare.

Ok, kali ini saya akan membahas tentang kasulitan-kesulitan yang dialami oleh para pengguna linux beberapa hari pertama setelah penginstalan. Tapi tentu saja selalu ada solusi dibalik kesulitan-kesulitan itu. Yuk langsung saja kita mulai dari:

1. Kesulitan driver hardware.
Ya, saya memang seringkali berurusan dengan kesulitan yang satu ini sob. Terutama modem USB, dan juga driver WiFi adapter notebook saya yang harus secara manual saya install. Saya menggunakan ASUS X45U dimana menggunakan atheros AR9485.

Solusi: Googling saja sob "How to install driver WiFi 'namanya' in 'nama linux varian'".

2. Kesulitan penggunaan software office.
Kalau kesulitan yang satu ini, sebenarnya bukan merupakan kesulitan. Karena apa? karena memang sebenarnya cara penggunaanya sama seperti software milik microsoft. Yang berbeda hanya pada penempatan icon-iconnya saja. Beberapa software office OpenSource menyimpan beberapa fungsi pada bilah menu mereka.

Solusi: Pelajari saja dahulu dimana letak icon-icon dan fungsi yang agan ingin gunakan.

3. Kesulitan penginstallan software.
Pada masalah yang satu ini juga sama seperti nomor 2, malah sebenarnya apabila kita menggunakan Linux banyak sekali pilihan software yang sama fungsinya dengan software khusus windows, namun GRATIS bro!

Solusi: Googling software yang anda butuhkan dengan mencari untuk versi linuxnya. Apabila tidak ketemu, silahkan install wine untuk menginstall software berekstensi .exe alias software windows.


Ok, sekian dulu postingan saya. Postingan ini akan berlanjut, tunggu saja update-an versi 2 nya.
Wassalaamualaikum Wr. Wb.

0 comments:

 
Top